Tuesday, June 5, 2007

3. Membeli Franchise
Franchise atau waralaba adalah suatu sistem kerja sama antara pihak pemilik usaha (franchisor) dengan pihak lain. Pemilik usaha memberikan hak kepada pihak lain untuk terjun di bidang usaha yang telah ditekuni franchisor dengan nama yang sama. Untuk kerja sama tersebut franchisor akan mendapat imbalan yang besarnya diatur dalam suatu kesepakatan bersama.
Pada saat ini banyak usaha franchise dari luar negeri yang dijual di Indonesia. Ada restoran Mac Donald, Kentucky Fried Chicken, atau Pizza Hut. Anda pernah menjumpai beberapa outlet Es Teler 77 di mal-mal di seluruh Indonesia atau toko Indomaret yang dapat dijumpai di setiap sudut kota di Indonesia.
Membeli franchise merupakan alternatif yang baik bagi pemula. Beberapa keuntungan diperoleh dari membeli franchise ini. Anda akan mendapatkan pendidikan dan bimbingan tentang bagaimana menghasilkan produk dengan kualitas yang baku, bagaimana mencari lokasi usaha yang baik, bagaimana mengelola usaha yang baik, dan sebagainya. Beberapa franchisor mensyaratkan Anda harus magang dulu ditempat usaha franchisor sebelum anda diizinkan untuk membeli franchise.
Namun ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum membeli franchise. Anda tidak bebes mengembangkan kreasi sendiri. Anda harus mengikuti sistem dan prosedur yang telah ditetapkan oleh franchisor. Anda harus mengikuti standar mutu yang ditetapkan dalam pengadaan bahan baku, standar proses pembuatan produk, sampai pada penentuan harga.
Untuk membeli franchise anda harus punya modal, antara lain modal untuk membeli franchise serta modal untuk menjalankan operasi perusahaan. Pada umumnya masalah modal menjadi kendala untuk sebagian mantan karyawan yang kena PHK.
Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa Anda tidak dapat menikmati seluruh keuntungan yang diperoleh, karena sebagian dari keuntungan tersebut akan mengalir ke kantung franchisor dalam bentuk royalti.

No comments: