Tuesday, June 5, 2007

BAGAIMANA MEMASUKI DUNIA USAHA


Dampak krisis moneter masih terus berlanjut. Banyak perusahaan – perusahaan yang gulung tikar menjadikan kasus PHK semakin marak, sehingga menambah angka pengangguran semakin banyak. Apakah yang akan mereka lakukan setelah di PHK ?
Ada sebagian kecil dari mereka yang berhasil mendapatkan pekerjaan baru. Namun, sebagian besar dari mereka sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Ada sebagian dari mereka yang berwirausaha. Sementara yang lain tak tahu bagaimana harus memulainya.
Pilihan berwirausaha bukan pekerjaan yang mudah bagi seorang mantan karyawan. Pada umumnya mereka sudah terbiasa dengan pekerjaan yang rutin yang dihadapi sehari-hari. Mereka bekerja berdasarkan job description yang spesifik, dengan ruang lingkup pekerjaan yang sempit tapi jelas.
Dalam berwirausaha, seseorang harus pada ruang yang lebih luas. Ia harus memikirkan produk apa yang akan ditekuni, bagaimana aspek pemasarannya, bagaimana mengatur masalah keuangannya sehingga perusahaan dapat berjalan lancar, bagaimana kiat mengatur pegawai atau menghadapi rekan bisnis, serta masih banyak hal-hal lain. Tentunya perubahan tersebut bukanlah suatu pekerjaan yang mudah bagi seorang yang baru mulai melakukan wirausaha.
Lantas bagaimana memulai suatu wirausaha agar resiko kegagalan dapat diperkecil? Pada dasarnya ada empat cara untuk memasuki dunia wirausaha. Pelajari keuntungan dan kerugian dari alternatif tersebut, ukur kemampuan diri sendiri baik kemampuan teknis maupun permodalan, kemudian tentukan pintu mana yang akan dipilih.

No comments: